WISATA MAJALENGKA


Kabupaten Majalengka, yang sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Ciremai, mempunyai potensi besar sebagai obyek wisata. Tidak hanya Talaga Herang, Situ Sangian adalah wisata air yang juga ternama di Majalengka. Situ Sangian adalah telaga yang berada 6 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Situ Sangiang, menurut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Kabupaten Majalengka Nanan Ginanjar, mempunyai cerita sejarah. Daerah itulah tempat pasukan Kerajaan Pajajaran memilih tinggal setelah terdesak perkembangan Islam. “Pasukan itu menghilang atau tak ditemukan jejaknya di tempat itu. Karena itulah, dinamakan Situ Sangiang,” katanya.

Majalengka pun menjadi salah satu tempat tujuan para pendaki Gunung Ciremai. Pendakian ke puncak Gunung Ciremai setinggi 3.078 meter dari permukaan laut itu bisa dilakukan melalui jalur Apuy di Kecamatan Maja.

Wisata sejarah juga ada di Kecamatan Talaga, tepatnya 500 meter dari Pasar Talaga. Talaga dulu adalah kerajaan Hindu yang berdiri pada abad XIII. Sayang, pengelolaan pariwisata di kabupaten ini masih minim. Hal itu terlihat dari minimnya fasilitas dan pemeliharaan tempat wisata. (NIT)

Published in: on November 9, 2009 at 7:34 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://kusprayogi.wordpress.com/2009/11/09/wisata-majalengka/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: